9 Cara Promosi Destinasi Wisata Melalui TikTok

9 Cara Promosi Destinasi Wisata Melalui TikTok

Bila Anda menggunakan TikTok sebagai media promosi destinasi wisata Anda, tentunya Anda harus mengetahui bagaimana cara promosi destinasi wisata menggunakan platform digital ini secara tepat, sehingga langkah yang Anda aplikasikan akan lebih efektif dan tidak akan sia-sia. Apalagi TikTok bukan sekadar media hiburan saja, banyak pula yang sudah memanfaatkan aplikasi tersebut menjadi sarana promosi destinasi wisata dengan segudang fiturnya yang dapat membuat konten video atau foto menjadi lebih menarik dan viral.

Memang TikTok lebih cenderung digandrungi oleh generasi Z yang masih remaja, tetapi di Negara asalnya (China), 60% tiktokers berada dalam rentang kelompok umur antara 25-44 tahun (Adam Van Dyke, 2020). Selain itu, data dalam beberapa penelitian memperlihatkan bahwa dimasa mendatang 4 dari 5 orang tua selalu melibatkan anak-anaknya dalam proses pengambilan keputusan perjalanan wisatanya. Oleh karena itu promosi destinasi wisata menggunakan TikTok akan menjadi alternatif lain dalam aktivitas strategi pemasaran destinasi pariwisata, khususnya dalam kegiatan komunikasi pemasaran.

Nah, sebelum saya membagikan tips bagaimana cara melakukan promosi destinasi melalui TikTok ini, berikut beberapa alternatif cara membuat akun TikTok dengan menggunakan akun sosial media yang lain atau nomor HP dan email.

Cara Simpel Membuat Akun TikTok

Sebelum Anda memasarkan objek wisata melalui aplikasi dari negeri tirai bambu ini, tentunya Anda harus memiliki akun TikTok. Adapun cara membuat akunnya pun mudah, Anda bisa menggunakan akun sosial media yang dipunya atau cukup nomor HP maupun email, berikut ulasan tata caranya:

  • Melalui Akun Facebook
    Saat membuka aplikasi TikTok pilihlah ikon Facebook, kemudian input informasi Anda untuk memanfaatkan akun tersebut sebagai cara membuat akun TikTok.
  • Melalui Akun Twitter
    Cara ini sama seperti menggunakan akun Facebook, hanya saja Anda memilih akun Twitter sebagai langkah pembuatan akun TikTok-nya.
  • Melalui Akun Instagram
    Akun satu ini acap kali menjadi pilihan utama tempat menyebar video TikTok oleh pengguna TikTok. Sebab itu tak heran bila Anda bisa mendaftar dari akun Instagram. Caranya pun sederhana, Anda tinggal pilih ikon Instagram, setelah itu masukkan informasinya untuk menjadikan akun Ini menjadi akun TikTok.
  • Menggunakan Nomor Hp atau Email
    Di sini Anda memilih daftar menggunakan nomor Hp atau Email. Jika Anda pilih nomor ponsel seluler, ketik nomor telepon lalu masukkan kode konfirmasi yang dikirim ke nomor tersebut. Sementara bila memilih Email. Masukkan alamat email Andal, dan buatlah nama user serta password-nya. Perlu Anda ketahui kalau nomor ponsel pintar dan alamat email ini bisa dipakai untuk mendapatkan kembali kata sandi, karena itu, gunakan email maupun nomor HP yang aktif Anda gunakan. Tak lupa pula untuk memeriksa ulang info yang Anda masukkan supaya tidak salah ketik sebelum dikonfirmasi.

Cara Promosi Destinasi Wisata Melalui TikTok

Di bawah ini merupakan uraian beberapa tips yang berguna untuk memasarkan destinasi wisata menggunakan platform TikTok. Dengan begitu Anda tidak hanya dapat membuat konten menarik saja, tetapi Anda pun dapat membuat momen liburan terlihat semakin berkesan dengan unsur storytelling yang akan memberikan sensasi ketertarikan berkunjung dari para pengguna TikTok ke destinasi wisata.

  1. Menyusun Ide Konten
    Untuk menghasilkan konten yang menarik sebaiknya disusun dengan matang, hal ini akan sangat membantu Anda membuat TikTok menjadi media promosi destinasi wisata Anda. Anda dapat melakukan telaahan singkat tentang tipe konten yang umumnya viral pada aplikasi ini. Jika cocok dan sesuai dengan nilai promosi, maka tak ada salahnya menjadikan hal itu sebagai salah satu rekomendasi.
  2. Ide Challenge dan Hashtag
    Salah satu hal inilah yang membuat TikTok menjadi sebuah media platform yang begitu populer dan difavoritkan banyak pengguna, sebab terdapat banyak challenge menarik yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana Anda memasarkan destinasi wisata tersebut. Anda dapat mengajak pengguna lainnya membuat konten sesuai challenge layaknya video konten Anda bagikan di TikTok. Sesudah membuat konten dan mempostingnya, jangan lupa untuk menggunakan hashtag. Penggunaan hashtag pada postingan Anda bisa menjadi cara mudah dan cepat para pengguna lainnya untuk menemukan konten-konten yang Anda bagikan. Hashtag ini dapat pula menjadi keyword pada konten video Anda.
  3. Menambahkan Tag Lokasi
    Penambahan ini merupakan salah satu cara promosi destinasi wisata yang sangat berguna bagi Anda konten kreator yang tengah memasarkan destinasi wisata. Ditambah lagi bila Anda membidik tempat yang unik dan menarik untuk dikunjungi wisatawan. Promosikan lokasi tersebut dengan video menarik dan berkesan serta tag lokasinya, sehingga para pengguna berminat mendatangi destinasi wisata Anda.
  4. Memanfaatkan TikTok Ads
    Layaknya platform yang lain, TikTok pun mempunyai platform Ads yang dapat Anda gunakan sebagai media promosi dengan optimal. Untuk memulai fitur Ads ini, pertama-tama Anda harus membuat akun TikTok Ads dulu, setelah itu langsung saja Anda merancang campaign pada dashboard. Jika dana iklan Anda terbatas, sebaiknya Anda memakai fitur In Feed Native Content.
    Adapun yang dimaksud dengan In Feed Native Content pada aplikasi ini merupakan sebuah alternatif dari TikTok Ads yang memuat iklan paling simpel. Sehingga iklan yang muncul akan serupa dengan Instagram Ads dalam Instagram Story. Dan In Feed Native Content ini biasanya akan mengarahkan pengguna ke website Anda. Untuk menghemat budget Anda sebaiknya manfaatkan fitur ini, supaya bisa menjaring sebanyak mungkin pengguna TikTok. Tak hanya In Feed Native Content yang dapat Anda gunakan, ada juga beragam jenis iklan lainnya, misalnya pada fitur Branded Lenses, Brand Takeover, Hashtag Challenges, dan masih banyak lagi fitur yang dapat Anda pakai. Cukup sesuaikan iklan destinasi wisata tersebut dengan anggaran yang Anda sediakan.
  5. Influencer
    Dalam mempromosikan destinasi wisata, pengaruh besar dan luas bisa menjadi alasan bagi Anda untuk bekerja sama dengan influencer. Tiap follower dari influencer tersebut dapat Anda asumsikan menjadi wisatawan potensial untuk promosi Anda. Karena itu pastikan Anda memilih influencer yang sejalan dengan poin pemasaran destinasi wisata Anda, sehingga Anda bisa memperoleh dampak positif yang signifikan.
  6. Menggabungkan Video dan Gambar yang Dibuat
    Pastinya sebuah destinasi wisata mempunyai lebih dari satu titik menarik berswafoto (selfie) ataupun hal lainnya. Sebab itu, cobalah untuk menyatukan foto dan videonya dari sejumlah spot-spot wisata yang dapat menarik perhatian pengguna pada destinasi wisata Anda menjadi satu video konten TikTok.
  7. Fitur Video Filter dan Photo Template
    Di aplikasi TikTok Anda bisa membuat foto yang lebih menarik dengan menggunakan fitur Photo Template. Selain itu, Anda pun dapat membuat video yang lebih seru dan atraktif dengan memasukkan filter melambat, berputar, cepat, dan lain sebagainya. Untuk itu TikTok menyediakan fitur video filter untuk melakukan hal tersebut.
  8. Gunakan Lagu dengan Tema Khusus
    Tiap destinasi wisata memiliki keunikan dan pesona tersendiri. Ketika Anda ingin membagikan perasaan para pengunjung dalam menikmati momen berlibur di destinasi Anda, lebih baik Anda tambahkan lagu yang ada di pustaka musik TikTok. Terlebih lagi aplikasi dari China ini memiliki lagu bertema khusus untuk kampanye tertentu. Anda dapat menggunakan lagu-lagu tersebut supaya tampilan video promosi wisata Anda makin berkesan.
  9. Pemakaian Teks dan Stiker
    Supaya konten video Anda lebih menarik, Anda dapat memuat keterangan destinasi wisata, letakkan nama tempat wisata pada video, maupun memasukkan emoticon sebagai tanda emosi pada video yang dibuat untuk menambahkan unsur baru berupa stiker di video promosi destinasi wisata yang akan Anda posting.

Membuat konten di aplikasi TikTok agar mendapat perhatian penghuni platform tersebut tidak boleh asal-asalan. Terlebih lagi jika Anda akan memasarkan sesuatu, karena itu perlu sekali Anda cari tau dan mengikuti 9 cara promosi destinasi wisata menggunakan platform TikTok seperti yang dijelaskan di atas.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: