Foto Tentang Nurdin Hidayah

Nurdin Hidayah atau sehari-hari biasa dipanggil dengan nama Nurdin, adalah dosen tetap di Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung (STPB) yang dulu dikenal dengan nama ENHAII, dan salah satu anggota ITSA (International Tourism Studies Association). Nurdin membuat situs ini karena keinginannya untuk turut serta dalam pengembangan kepariwisataan di Indonesia, khususnya dalam bidang ilmu pemasaran & pariwisata.

Latar belakang pendidikan Nurdin adalah S-2 dalam bidang Manajemen Pemasaran (M.M.) dari Universitas Padjadjaran (UNPAD) dan S-1 dalam bidang Manajemen Pariwisata dari STPB. Latarbelakang pendidikannya tersebut menjadi salah satu motivator dalam mendalami ilmu Pemasaran di Industri Pariwisata pada saat ini. Selain menempuh pendidikan formal tersebut, Nurdin juga sering mengikuti pelatihan-pelatihan, baik yang diadakan oleh pemerintah, perguruan tinggi, maupun konsultan.

Kesibukan Nurdin sehari-hari adalah mengajar mata kuliah yang terkait dengan Pemasaran Pariwisata, Digital Marketing, Services Management dan Manajemen Strategis di Program Studi Manajemen Destinasi Pariwisata, Studi Destinasi Pariwisata dan Pengelolaan Usaha Rekreasi; menjadi Auditor ISO 9001:2015; menjadi Master Trainer untuk Modul Pemasaran Destinasi Pariwisata di Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata & Ekonomi Kreatif dan di Center for Tourism Destination Studies (CTDS); Reviewer di International Journal of Tourism Cities (IJTC), Jurnal Media Wisata, dan Jurnal Barista; Editorial Board di Jurnal Kepariwisataan; menulis buku pemasaran destinasi pariwisata; menjadi pembicara/nara sumber serta memberikan jasa pendampingan/konsultan, baik di sektor publik maupun swasta.

Menjadi Narasumber

Previous
Next

Testimoni

Foto Troyevan Saragih

Training Marketing Destinasi Wisata yang disampaikan oleh Master Trainer Bapak Nurdin adalah yang benar-benar saya butuhkan. Penyampaiannya sangat simpleto-the-point, aplikatif dan terlihat sangat menguasai. Bapak Nurdin mampu menciptakan Forum dengan sangat interaktif dan memberikan ruang diskusi terbuka yang sangat memperkaya materi yang disampaikan

Troyevan Saragih

UTINDO CreativeWorksIndonesia

Foto Girda Safitri

Bapak Nurdin memberikan banyak inspirasi dan juga memberikan banyak ilmu praktis bagi para praktisi pemasaran pariwisata. Meskipun beliau merupakan ahli dalam bidangnya, tapi beliau sangat terbuka terhadap ide-ide baru dan senantiasa mengembangkan metode-metode baru dalam pelatihan maupun metode pengajaran memperkaya materi yang disampaikan

Girda Safitri

Marketing Manager DMO Flores

Foto Haniek Listyorini

Training Marketing Destinasi Wisata yang disampaikan oleh Master Trainer Bapak Nurdin adalah yang benar-benar saya butuhkan. Penyampaiannya sangat simpleto-the-point, aplikatif dan terlihat sangat menguasai. Bapak Nurdin mampu menciptakan Forum dengan sangat interaktif dan memberikan ruang diskusi terbuka yang sangat memperkaya materi yang disampaikan

Haniek Listyorini, SE., MBA

STIEPARI Semarang

Foto Mohamad Ridwan

The best word to describe Mr. Nurdin Hidayah is passionate. I have worked with him for almost 13 years as a colleague and recently he is still one of the best sales and marketing lecturers in my department. He is unceasing energy when it comes to reform education to make it an authentic and meaningful experience for his students and also for communities in STP NHI Bandung. I continue to be expressed with his ability when he built approach in finding lecturing method to the students which had been applied by other colleagues, and also for his research methodology is hardly reliable. 

Mohamad Ridwan

STP NHI Bandung

Nurdin juga aktif melakukan penelitian dalam bidang Pemasaran Pariwisata dan beberapa sudah dipublikasikan di jurnal & proceeding nasional maupun internasional seperti di International Journal of Marketing StudiesVSRD International Journal of Business and Management ResearchIPASJ International Journal of Management, Atlantis Press, dll. Serta Proceedings dalam Konferensi seperti International Conference on Life, Innovation, Change and Knowledge, dll.

Nurdin mempersilahkan kepada siapapun dan dengan latar belakang apapun untuk mengirimkan tulisan-tulisan yang terkait dengan Pemasaran Pariwisata baik pada sektor bisnis maupun sektor publik, baik bersifat konseptual maupun praktis atau pengalaman di lapangan (Caranya klik disini).

Akhir kata, segala tulisan yang Nurdin share disini, mungkin tidak akan terlepas dari kekurangannya sebagai manusia, sehingga jika terdapat kesalahan dan kesilafan mohon sekiranya untuk dimaafkan.

Buku-buku Karya Nurdin Hidayah

Pemasaran Destinasi Pariwisata Berkelanjutan di Era Digital

Nurdin Hidayah

Pemasaran Destinasi Pariwisata

Nurdin Hidayah

Handbook Strategi Marketing Destinasi Pariwisata

A. M. Morrison, N. Hidayah & G. Safitri

Strategi Komunikasi Untuk Konservasi Alam

Dody W. K, Ridwan, Susanti, Hesti R., Nurdin Hidayah

Baca Artikel di Web Ini