Praktekan 8 Unsur Copywriting Ini Jika Mau Banjir Orderan

Praktekan 8 Unsur Copywriting Ini Jika Mau Banjir Orderan

Halo teman-teman sekalian, kali ini saya mau berbagi mengenai bahasan yang sangat penting dalam dunia Internet Marketing. Nah kira-kira apa ya yang paling penting dalam Internet Marketing itu?, klo jawaban Anda adalah Copywriting, Yups Anda benar sekali hehehe.

Seperti yang telah saya jelaskan dalam tulisan saya mengenai Dasar-dasar Internet Marketing. Copywriting adalah proses membuat tulisan yang mampu menghasilkan konversi yang diinginkan, seperti: click button, membeli produk, mendaftar anggota, membuat akun, mendownload, subscribe, dll.

Jadi, copywriting adalah suatu ilmu dan seni dalam menulis, yang tujuannya untuk mempengaruhi seseorang untuk bertindak sesuai dengan tujuan dari tulisan itu diperuntukan. Oleh karena itu sebenarnya ada unsur ilmu hipnotis sih dalam copywriting ini. Karena setiap kata, diksi, frasa atau kalimat dalam suatu copywriting harus bisa membuat seseorang merespon apa yang telah dituliskan oleh penulisnya yang biasa disebut sebagai copywriter.

Seorang copywriter sama halnya dengan salesman/salesperson dalam pemasaran konvensional. Tetapi bedanya adalah jika salesman pempengaruhi prospek untuk melakukan pembelian melalui bahasa verbal atau apa yang dia omongkan beserta bahasa tubuhnya (body language), kalau seorang copywriter yaitu mempengaruhi prospek untuk melakukan pembelian melalui bahasa tulisan dalam berbagai media pemasaran Internet Marketing.

Nah sekarang mengapa Copywriting ini sangat penting dalam dunia Internet Marketing? Jawabannya adalah karena hasil dari Copywriting itu sangat mempengaruhi keberhasilan suatu bisnis di dunia maya. Sebanyak apapun trafik yang dihasilkan atau sebanyak apapun prospek/leads yang berkunjung ke media internet marketing kita, tetapi kalau tidak menghasilkan konversi atau closing ya percuma saja. Oleh karena itu, jika Anda terjun ke dunia Internet Marketing tetapi tidak menguasai ilmu ini, ya bisa dikatakan bisnis Anda tidak akan optimal nantinya.

Siip, lanjut ya

Seperti yang telah saya jelaskan di sini, teknik copywriting mengadopsi pendekatan AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) dan harus menyentuh sisi rasional dan emosional dari seorang prospek. Nah saya disini sudah merangkumkan untuk teman-teman semua apa saja sih unsur-unsur yang harus ada dalam melakukan Copywriting agar banjir orderan.

Unsur-unsur Copywriting

Unsur-Unsur Copywriting
Sumber: Nurdin Hidayah (2019)

Oke selanjutnya kita bahas satu persatu ya!

Unsur Pertama Copywriting Adalah: HEADLINE

Headline adalah judul tulisan dari copywriting yang harus mampu menyentak dan membangkitkan keingintahuan pembaca. Headline adalah bagian terpenting dari suatu copywriting, karena jika headline Anda tidak dapat membuat orang tertarik, maka Anda dipastikan akan kehilangan kesempatan tulisan Anda akan dibaca selanjutnya oleh mereka. So, gimana mau terjadi konversi kalau penawaran dalam tulisan Anda saja tidak dibaca oleh prorpek Anda.

Headline yang baik harus dapat menyihir calon pembaca tidak lebih dari 3 detik pertama dan bisa dikatakan bahwa 3 detik pertama adalah hal yang sangat krusial dan sangat menentukan keberhasilan bisnis Anda melalui headline ini. Jika headline tersebut berhasil membuat orang meng-klik link yang telah kita siapkan, maka headline tersebut dapat dikatakan memiliki unsur Clickbait, tapi ingat jangan sampai membohongi pembaca aja ya, nanti dosa loh dan ujung-ujungnya tidak akan dipercaya lagi sama pembaca. Jadi intinya membuat headline yang memiliki clickbait itu bagus, tapi jangan sampai headline dengan konten-nya tidak nyambung alias tidak relevan!

Oke sampai sini bisa dipahami ya? Kita lanjut bagaimana cara membuat headline yang dapat menyihir dan menyentak keingintahuan pembaca atau memiliki unsur clickbait.

Membuat headline sebenarnya gampang-gampang susah, tegantung dari kreatifitas dan pengalaman seseorang dalam membuatnya. Ada yang hanya beberapa detik saja bisa menetukan headline untuk copywriting nya, ada pula yang menghabiskan berjam-jam bahkan berhari-hari untuk membuatnya.

Nah disini saya akan memberikan tips bagaimana cara mudah untuk membuat headline. Cara yang saya ketahui dalam membuat headline ada dua macam, yaitu dengan cara menggunakan formula atau rumus dan kedua dengan cara menggunakan bantuan headline generator.

Cara Membuat Headline Dengan Formula atau Rumus

Sebenarnya banyak sekali formula yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam membuat headline. Tetapi dalam hal ini saya hanya menyampaikan 4 (empat) formula yang paling powerful dalam menyedot perhatian prospek. Dan berikut ini formulanya:

PPA (Prospek +Penawaran + Ajakan)

  • Prospek: adalah target market potensial yang kita bidik;
  • Penawaran: adalah offering atau produk yang ingin kita jual ke prospek kita dan harus mengandung garansi atau sosial proof (bukti-bukti keberhasilannya di kalangan konsumen);
  • Ajakan: adalah frase atau kalimat untuk mengarahkan prospek untuk membaca isi tulisan dari suatu headline.

Contoh 1: headline untuk produk penurun berat badan khusus wanita

“Wanita ini berhasil menurunkan berat badannya hanya dalam 2 minggu, ingin tahu caranya?”

  • Wanita ini = Prospek
  • Menurunkan berat badan hanya dalam 2 minggu = Penawaran yang mengandung garansi atau sosial proof
  • Ingin tahu caranya? = Ajakan

Contoh 2: headline untuk produk kesehatan bagi penderita kolesterol

“Penderita kolesterol ini dalam satu bulan sembuh total, apa yang diminumnya?”

  • Penderita kolesterol = Prospek
  • Dalam satu bulan sembuh total = Penawaran yang mengandung garansi atau sosial proof
  • Apa yang diminumnya? = Ajakan

*Catatan:

Formula dan kalimat-kalimat headline tersebut dapat diacak atau dibolak-balik sampai mendapatkan kalimat yang dirasa dapat membuat prospek penasaran untuk membaca seperti contoh yang ke dua kalimatnya dapat dirubah seperti:

“Dalam satu bulan, penderita kolesterol ini sembuh total, apa yang diminumnya?”

Yang kedua, Anda dapat secara kreatif mencari frase ajakan sesuai dengan produk yang Anda tawarkan seperti:

  • Apa yang dimakannya?
  • Ini rahasianya
  • Ini buktinya
  • Apa yang dilakukannya?
  • Ini alasannya
  • Ini resepnya, dan lain-lain.

APB (Angka +Penawaran + Benefit)

  • Angka: Angka psikologis yang dirasa akan dapat menarik perhatian calon pembaca
  • Penawaran: produk atau jasa yang Anda tawarkan
  • Benefit: keuntungan yang akan diperoleh oleh target market. Keuntungan disini dapat dibagi dua yaitu keuntungan rasional (lebih ke sisi ekonomis) dan keuntungan emosional (lebih ke sisi psikis)

Contoh 1: benefit rasional

“7 Alternatif Investasi Modal Dengkul”

  • 7 alternatif = Angka psikologis
  • Investasi = Penawaran
  • Modal dengkul = Benefit Ekonomis

Contoh 2: benefit emosional

 “10 Cara Baru Untuk Memikat Hati Wanita”

  • 10 = Angka psikologis
  • Cara Baru = Penawaran
  • Untuk memikat hati wanita = Benefit Psikis

*Catatan:

Tantangannya adalah dalam menentukan jumlah angkanya. Angka psikologis yang terlalu kecil bisa membuat prospek tidak tertarik tetapi jika angka terlalu besar juga akan membuat orang sulit untuk percaya.

SGK (Solusi + Garansi + Kemudahan)

  • Solusi: Solusi yang Anda tawarkan kepada prospek
  • Garansi: garansi atau social proof
  • Kemudahan: kemudahan untuk mendapatkan penawaran

Contoh 1:

“Rahasia 100 Juta Pertama Dalam 1 Bulan, Sambil Selonjoran di Rumah”

  • Rahasia 100 juta pertama = Solusi
  • 1 Bulan = Garansi
  • Sambil selonjoran di rumah = Kemudahan

Contoh 2:

“Ingin Cantik Dalam 2 Minggu Tanpa ke Dokter dan Tanpa ke Salon?”

  • Ingin cantik = Solusi
  • 2 minggu = Garansi
  • Tanpa ke Dokter dan Tanpa Ke salon = Kemudahan

PPK (Promo + Prospek + Keterbatasan)

Contoh 1:

“Diskon 50% Khusus Pemegang Kartu XYZ, Hanya 3 Hari!”

  • Diskon 50% = Promo
  • Pemegang Kartu XYZ = Prospek
  • Hanya 3 hari = Keterbatasan

Contoh 2:

“Cashback Rp. 100.000,- Bagi Anda Khusus Pembeli Hari Ini”

  • Cashback Rp. 100.000,- = Promo
  • Bagi Anda = Prospek
  • Khusus Pembeli Hari Ini = Keterbatasan

Cara Membuat Headline Dengan Bantuan Headline Generator

Oke cara yang kedua ini relatif lebih gampang, karena Anda akan dapat bantuan dari situs-situs yang menyediakan jasa membuat ide suatu headline atau biasa disebut dengan Headline Generator. Ada beberapa situs yang dapat digunakan oleh Anda seperti:

Setiap headline generator di atas memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Namun kalau saya suka menggunakan headline generator dari Skrip.in. Karena selain tools ini dibuat oleh orang Indonesia, juga tools ini menggunakan bahasa Indonesia, sehingga cocok untuk yang bermain di market Indonesia. Tidak seperti yang lainnya menggunakan bahasa Inggris sehingga kalau marketnya Indonesia, headline yang dihasilkan harus di translate dulu ke Bahasa Indonesia yang belum tentu relevan dan pas bahasanya.

Menggunkan Skrip.in sangat mudah, Anda tinggal masuk ke situsnya di sini, selanjutnya Mendaftar memalui FB Messanger, kemudian memasukan kata kunci dalam formula [hal yang paling diinginkan], selanjutnya tinggal enter dan sistem akan berjalan secara otomatis men-generate headline lebih dari 100 ide headline. Cuman Anda harus menyesuaikan lagi dengan produk yang Anda tawarkan.

Unsur Kedua Copywriting Adalah: SOCIAL PROOF

Unsur copywriting yang kedua yaitu social proof. Menurut saya definisi social proof adalah kesan atau persepsi yang ingin dibentuk dari orang-orang yang talah mengkonsumsi produk. Mudahnya seperti ini: seseorang akan melakukan pembelian jika dia tahu bahwa banyak orang telah membeli suatu produk atau unsur ketertarikan karena ikut-ikutan.

Ilustrasi Sosial Proof
Sumber: Social Media Examiner

Jadi intinya dengan menyajikan social proof, produk yang kita tawarkan dapat memberikan pengaruh positif karena seseorang melihat orang lain telah melakukan sesuatu. Dan semakin banyak orang yang telah melakukan sesuatu maka seseorang akan lebih terangsang untuk ikut melakukan sesuatu tersebut.

Social proof dapat disajikan baik berupa frase atau kalimat yang memperlihatkan bahwa produk yang kita tawarkan telah laku dipasaran. Frase atau kalimat tersebut bisa berupa fakta kuantitatif maupun kualitatif.

Contoh Social Proof Kualitatif:

  • Banyak Artis dan Tokoh Mengkonsumsi Secara Rutin Produk Ini
  • Car of the year
  • Produk yang sedang hits sekarang ini
  • Produk ter-viral tahun ini
  • dll.

Contoh Social Proof Kuantitatif:

  • Produk ini telah terjual lebih dari 5000 unit
  • Lebih dari 7000 orang telah mendapatkan manfaat dari produk ini
  • 1000 orang telah repeat order di bulan ini
  • Baru diluncurkan produk ini telah laku 2000 botol
  • dll.

Untuk produk yang baru masuk pasar dan belum ada penjualan mungkin akan sulit untuk menyajikan social proof ini. Tips nya adalah kalau Anda punya dana lebih untuk promosi, produk bisa dibagikan dulu secara gratis dan Anda mintakan kesan-kesannya kepada mereka. Ingat jangan melakukan kebohongan seolah-olah produk anda sudah laku karena penjual yg jujur nanti akan lebih diberkahi dan diberi lebih oleh Allah SWT!.

Unsur Ketiga Copywriting Adalah: TESTIMONI

Selanjutnya unsur lain yang harus disajikan dalam copywriting adalah testimoni. Definisi dari testimoni adalah cerita keberhasilan dari pelanggan Anda dalam menggunakan produk Anda.

Tujuan dari testimoni adalah hampir mirip dengan sosial proof untuk mempengaruhi prospek agar tertarik untuk membeli, namun dalam testimoni ini ada kelebihannya dibandingkan dengan sosial proof yaitu bisa memberikan kesan trust atau percaya, karena testimoni dapat memberikan bukti nyata bahwa produk yang ditawarkan itu memang sangat bermanfaat dan sulit untuk ditolak.

Testimoni dapat disajikan melalui foto ataupun video dan lebih bagus lagi ada kedua-duanya. Prinsipnya semakin banyak orang yang memberikan kesaksiannya melalui testimoni, maka akan semakin menambah keyakinan prospek untuk membeli.

Nah seperti halnya dalam sosial proof, bagaimana untuk produk yang baru masuk pasar dan belum ada yang mencobanya. Lagi-lagi tips nya adalah kalau Anda punya dana lebih untuk promosi, produk Anda bisa diujicobakan dulu secara gratis dan Anda mintakan kesan-kesannya kepada mereka yang puas dengan produk Anda.

Unsur Ke-empat Copywriting Adalah: OFFERING

Unsur lainnya dalam copywriting adalah penawaran atau produk yang Anda jual itu sendiri. Penawaran harus berupa solusi, keuntungan, fitur dan nilai lebih dibandingkan dengan yang ditawarkan oleh kompetitor (added value).

Dalam hal ini kita perlu menonjolkan keunikan produk kita dibandingkan dengan para kompetitor yang biasa disebut dengan USPs (unique selling proposition). Kita harus mencari angle terbaik dari produk kita dibandingkan dengan yang ada dipasaran.

Jadi dalam unsur offering ini, sajikanlah solusi-solusi, keuntungan-keuntungan, fitur-fitur dan kelebihan produk kita dibandingkan dengan pesaing. Penyajiannya dapat berupa gambar-gambar atau video dengan kualitas yang baik dan terlihat profesional.

Unsur Ke-lima Copywriting Adalah: PROMOTION

Selanjutnya unsur copywriting yang lainnya adalah promo. Siapa sih yang ga suka dengan promo? Mungkin sebagian besar manusia sangat suka dengan diksi yang disebut dengan promo ini seperti Beli satu gratis satu, Diskon, Bonus, Voucher Gratis, Gift, Give Away, Hadiah, dll.

Promo dalam ilmu pemasaran konvensionalpun sangat efektif dalam mempengaruhi seseorang untuk dapat segera melakukan pembelian. Frase atau kalimat promo bisa berbagai macam. Anda harus kreatif dalam melakukan hal ini karena promo itu membutuhkan modal lebih, jadi harus efektif. Tapi jangan membohongi prospek ya dengan cara menaikan harga normalnya terlebih dahulu, nanti ga akan berkah lho, hehehe.

Saya yakin sekali Anda akan sangat mudah membuat tulisan promo ini karena sangat banyak sekali contoh diluaran sana dan atau mungkin Anda sendiri adalah korban dari taktik promo orang lain seperti saya, hehehe.

Memberikan promo kepada prospek tantangannya adalah budget atau dana untuk menginvestasikan promo itu sendiri. Nah dalam hal ini kita harus kreatif mencari jalan agar biaya promo ini tidak membuat bisnis Anda merugi. Untuk hal ini saya sarankan Anda untuk membaca bukunya Tung Dasem Waringin mengenai Marketing Revolution. Disana akan diberikan tips-tips mengenai cara-cara kreatif melakukan promo secara efektif dan efisien. 

Unsur Ke-enam Copywriting Adalah: ASSURANCE

Unsur lainnya dalam copywriting yaitu assurance atau jaminan terhadap produk yang kita tawarkan. Jaminan disini bisa berupa garansi atau keamanan dari produk yang kita tawarkan.

Dalam hal ini, Anda juga harus kreatif dalam menulis assurance agar dapat meyakinkan orang untuk membeli.

Contoh Assurance

Contoh Assurance

  • Garansi 21 hari uang kembali
  • Produk ini terbukti sangat cepat bereaksi didalam tubuh
  • Hanya disini yang menyajikan produk terbaik
  • Premium product
  • Barang tidak sampai uang kembali 2 kali lipat
  • Hanya bayar setelah barang sampai
  • Tersertifikasi BPOM dan MUI
  • Telah teruji aman di beberapa Lab
  • Akreditasi, dll. 

Unsur Ke-tujuh Copywriting Adalah: CTA

Unsur yang tak kalah penting lainnya yaitu CTA (Call To Action). Definisi Call To Action adalah suatu instruksi atau ajakan agar pembaca (website visitors) memberikan respon langsung sehingga menghasilkan konversi atau closing.

Bentuk-bentuk CTA bisa sangat bervariasi tergantung pada kebutuhan dan keinginan pemilik bisnis atau copywriter-nya. CTA dapat dipengaruhi oleh ceruk pasar, geografis, minat dan banyak faktor lainnya.

Tujuan CTA pada akhirnya adalah pengunjung melakukan aksi yang di instruksikan dalam tombol (button) CTA seperti “beli sekarang”, “daftar sekarang”, “saya berminat”, “klik di sini”, dll. Namun instruksi atau ajakan tersebut sebelumnya harus memenuhi unsur Scarcity Marketing dan Urgensi.

Scarcity dan urgensi dimaksudkan agar pembaca merasa produk yang kita tawarkan itu sangat langka yang akan menimbulkan perasaan takut produk akan kehabisan dan pada akhirnya ia tidak menunda-nunda pembelian atau tidak berpikir lama untuk mengklik tombol CTA-nya.

Contoh Scarcity & Urgensi

  • Produk terbatas
  • Pendaftaran akan ditutup sore ini
  • Menampilkan countdown timer
  • Diskon hanya untuk hari ini
  • Potongan harga sewaktu-waktu dapat berubah
  • Dll.

Contoh CTA Yang Mengandung Scarcity

Contoh Countdown Timer

Unsur Ke-delapan Copywriting: PHOTO & VIDEO

Dan yang terakhir dari unsur-unsur yang harus ada dalam copywriting adalah bahwa penyajian copywriting tidak hanya dalam bentuk tulisan saja, tetapi dapat ditambah dengan penegasan melalui foto-foto dan video yang berkualitas serta harus memperlihatkan profesionalisme dari landing page yang kita buat.

Foto dan video tidak hanya berfungsi untuk penegasan saja tetapi dapat digunakan untuk mempercantik landing page itu sendiri seperti dalam background dan dalam setiap unsur copywriting yang telah saya jelaskan di atas.

Oke sampai sini dulu ya yang bisa saya bahas, mohon maaf jika tulisannya banyak kekurangannya atau sulit untuk dipahami. Oleh sebab itu silahkan beri komentarnya di bawah, dan yang belum subscribe silahkan ya biar tidak kelewatan mendapat update-update gatis dari saya. Salam

Wallahualam bissawab…

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d bloggers like this: